Water Slide Decal adalah salah satu metode cetak menggunakan kertas khusus, kertas ini disebut kertas water decal. Kertas ini memiliki laposan khusus di atasnya, yang saat di celup ke dalam air lapisan itu akan terlepas dari kertas di bawahnya.

Teknik cetak ini bisa diaplikasikan ke banyak media seperti logam, kaca, gelas, keramik, mug atau cangkir, lilin, kayu, plastik, mainan anak-anak. Mirip seperti stiker tapi berbeda, karena saat sudah melekat ke media gambar yang menempel sudah tidak bisa dilepas seperti stiker.

Secara garis besar kertas water decal dibagi menjadi 2, kertas decal transparan dan kertas decal putih.

Kertas decal transparan cocok diaplikasikan pada media dengan warna terang seperti mug atau piring dengan warna putih susu, crem, biru muda atau warna terang yang lainnya. Contoh aplikasi seperti terlihat di foto mug enamel (cangkir jadul) yang di cetak logo usaha sebagai sarana promosi.

Kertas Decal putih adalah kertas decal yang sudah ada lapisan berwarna putih di dasarnya. Kertas ini cocok di aplikasikan pada media bening seperti kaca atau media dengan warna-warna gelap. Sofcase bening berbahan silikon juga bisa dijadikan sebagai media kreatifitas dengan kertas decal.

Ada berbagai tehnik dalam mencetak di atas kertas decal diantara bisa dengan printer laser, printer inkjet dengan tinta pigment, atau bisa juga menggunakan teknik sablon manual.

Bagaimana proses cetak di media gelas maupun dengan softcase menggunakan kertas decal? untuk lebih mudah Anda dalam memahami prosesnya silahkan simak video tutorial lengkapnya dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *